Penulis / NIM
EFRILA S. UMAR / 153418044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Efrila S. Umar. 2022 Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Sebagai Sumber Belajar di TK Cendrawasih Desa Langgula Kecamatan Batuda'aPantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) : Dr. Irvin Novita Arifin M.Pd, Pembimbing (2) : Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfatan limbah cangkang kerang sebagai sumber belajar di TK Cendrawasih Desa Langgula Kecamatan Batuda'a Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Informan dalam pemelitian ini adalah Guru Kelompok B dan anak di TK Cendrawasih Desa Langgula Kecamatan Batuda����¯�¿�½����a Pantai Kabupaten Gorontalo. Teknik analisis data dilakukan dengan cara diperoleh melalui kegiatan wawancara, pengamatan yang sudah ditulis dalam catatan lapangan, gambar, foto, dan sebagainya. Hasil observasi menggambarkan bahwa dilihat dari indikator mengembangkan konsep yang terdiri dari konsep bentuk, warna, ukuran dan angka, berfikir logis dan berfikir simbolik tersebut anak yang berada di kelompok B di TK Cendrawasih Desa Langgula Kecamatan Batuda����¯�¿�½����a Pantai Kabupaten Gorontalo menunjukkan hasil yang baik dilihat dari 3 indikator tersebut akan tetapi hanya kurang pada fasilitas sekolah. Hal ini didukung dengan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa dari 14 anak yang ada dikelompok B yang dilihat dari 3 indikator yaitu mengembangkan konsep yang terdiri dari konsep bentuk, warna, ukuran dan angka, berfikir logis dan berfikir simbolik sudah menunjukan hasil yang baik.
Kata Kunci : PAUD, Limbah, Cangkang Kerang, Sumber Belajar
Download berkas