Penulis / NIM
SRI ANDRA R. SUNANI / 153418045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Sri Andra R. Sunani, 2022. â�Å"Pengaruh Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Penguasaan Kosakata Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mekar Desa Hulawa Kecamatan Telaga kabupaten Gorontaloâ�Â. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Dosen pembimbing II Nunung S. Jamin, SE, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh higher order thinking skills (hots) terhadap penguasaan kosakata pada anak usia 5-6 Tahun di TK Mekar Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimen One Group Pre-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak. Dari hasil penelitian menunjukkan data Pre- Test memperoleh nilai rata-rata 14,6 dan standar deviasi 2,63. Sedangkan pada Post-Test memperoleh nilai rata-rata 21,4 dan standar deviasi 2,56. Dan diperoleh hasil thitung sebesar 0,165, dengan ttabel sebesar 0,190. Jadi thitung lebih besar nilainya dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh higher order thinking skills (hots) terhadap penguasaan kosakata anak pada usia 5-6 tahun di TK Mekar Desa Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hots, Penguasaan Kosakata, Anak Usia Dini
Download berkas