Penulis / NIM
ASNI / 153418048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Asni, 2022. Pengaruh Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Mekar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah bermain peran makro berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok B di TK Mekar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bermain peran makro terhadap kemampuan kerjasama anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak yang terdiri dari 11 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan kerjasama sebelum dan sesudah menggunakan metode bermain peran makro, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai rata-rata kemampuan kerjasama sebelum menggunakan metode bermain peran makro adalah 14,15 sedangkan nilai rata-rata kemampuan kerjasama anak sesudah menggunakan metode bermain peran makro adalah 20,85. hasil tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan uji t-test menggunakan rumus related berpasangan diperoleh hasil uji signifikan nilai thitung 12,18. sedangkan nilai ttabel pada alpha (�±)=0,05 yakni sebesar 2,093. jadi thitung > ttabel 12,18 > 2,093 atau p-value > alpha 20>0,05 dengan kata lain thitung>ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh antara penggunaan metode bermain peran makro terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok B di TK Mekar.
Kata Kunci: Bermain Peran Makro, Kemampuan Kerjasama, Metode
Download berkas