Penulis / NIM
NIRMALA DAUD / 153418053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Nirmala Daud, 2022. â�Å"Pengaruh Metode Mendongeng Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Mekar Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontaloâ�Â. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Bapak Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Ibu Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd.
Mendongeng jadi metode terbaik untuk orangtua dan guru dalam upaya mengantarkan bermacam pesan dalam tingkatan keahlian mengelola perasaan ataupun emosionalnya. Namun sejauh ini perkembangan kecerdasan emosi anak di TK Mekar Hulawa masih rendah hal tersebut dikarenakan kurang menariknya metode pengenalan tentang emosi. Pemberian metode yang kurang menarik membuat anak menjadi kurang bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaranâ�Â. Jadi peneliti menceritakan tentang pengaruh metode mendongeng yang bisa mempermudah anak untuk meluapkan kecerdasan emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap kecerdasan emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK MEKAR HULAWA, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimen One Group Pre-Test Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B berjumlah 19 orang anak. Dari hasil penelitian menunjukan data Pre - Test memperoleh nilai rata-rata 17,52 dan standar deviasi 2,912. Sedangkan pada data PostTest memperoleh nilai rata-rata 26,684 dan standar deviasi 3,682. Hal tersebut menunjukan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai tes akhir. Dan diperoleh hasil thitung sebesar 2,947, dengan ttabel sebesar 2,101. Jadi thitung lebih besar nilainya dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap kecerdasan emosi pada anak usia 5-6 tahun di TK MEKAR HULAWA Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci :Metode Mendongeng, Kecerdasan Emosi
Download berkas