Penulis / NIM
INDRIANI RAHAMA / 153418059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Indriani Rahama 2022. Pemanfaatan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Perkembagan Karakter (Studu Deskritif Pada Anak Kelompok B TK Sarajo) Desa Hutadaa Kecamatan Telaga jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) : Dr. Pupung Puspa Ardini M.Pd, Pembimbing (2) : Sri Wahyuningsi Laiya S.Pd, M.Pd
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran menggunakan media laptop di TK Sarajo Desa Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Dengan menggunakan laptop sebagai media pembelajar di TK Sarajo Desa Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media laptop atau media audio visual guru melakukan pemilihan film animasi dengan durasi maksimal 10 menit, pemilihan judul cerita film animasi di sesuaikan dengan aspek-aspek kemampuan perkembagan karakter anak, contohnya yaitu nilai disiplin, nilai mandiri, nilai tanggung jawab. Subjek penelitian ini anak kelompok B di TK Sarajo Desa Hutadaa Kecamatan Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Objek dalam penelitian ini adalah melihat kemampuan karakter anak melalui media laptop sebagai sumber belajar. Pengumpulan data pada penelitian ini melalaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara diperoleh melalui kegiatan wawancara, pengamatan yang sudah ditulis dalam catatan lapangan, gambar, foto, dan sebagainya. Hasil observasi menggambarkan bahwa dilihat dari terjadinya perubahan perilaku anak dalam kemampuan empati.
Kata Kunci : PAUD, Karakter, Media, Sumber Belajar
Download berkas