Penulis / NIM
VELLY SENA EDILA ABDUL / 153418064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Velly Sena Edila Abdul, 2022. Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kemampuan Koordinasi Gerak Mata Dan Tangan Anak Kelompok B Di Tk Nusa Indah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd, Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data bermain media kinetic sand terhadap kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak. Bermain media kinetic sand tersebut menggunakan cetakan yang berbentuk buah-buahan, geometri dan hewan laut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 22 orang anak usia dini 5-6 tahun dikelompok B TK Nusa Indah. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan koordianasi gerak mata dan tangan anak melalui bermain kinetic sand. Pengumpulan data pretest-posttest dilakukan melalui observasi menggunakan instrument penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh pada data pretest dan posttest adalah 40,9% dan 68,1%. Hal ini juga ditunjukan berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan program SPSS yaitu uji ancova dan diperoleh nilai signifikan < 0.05 yaitu 0,00 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain kinetic sand terhadap kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak.
Kata Kunci : Kemampuan, Koordinasi Gerak Mata dan Tangan, Kinetic Sand
Download berkas