Penulis / NIM
DESI LESTARI / 153418068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
Desi Lestari.2022. Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Di Tk Aster, Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pembimbing (I) Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing (II) Waode Eti Hardiyanti, S.Pd., M.Ed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Aster Kota Gorontalo. Kemampuan kognitif tersebut meliputi berfikir logis, berfikir kritis, memecahkan masalah, dan mampu menemukan hubungan sebab akibat. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Objek penelitian ini adalah 20 anak kelompok A di TK Aster Kota Gorontalo. Pengumpulan data pre-test dilakukan sebelum diberikan treatmen melalui observasi dengan menggunakan instrumen. Sedangkan untuk data post-test dilakukan dengan memberikan tes setelah Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif anak, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai yang di peroleh yakni nilai rata-rata kemampuan kognitif sebelum menggunakan pendekatan STEAM adalah 17.15, sedangkan nilai rata-rata kemampuan kognitif anak sesudah menggunakan pendekatan STEAM adalah 28.4. Hal tersebut membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Pendekatan STEAM sangat cocok diterapkan pada anak usia dini untuk merangsang atau meningkatkan aspek-aspek perkembangan terkhusus aspek kognitif.
Kata Kunci: AUD, kemampuan kognitif, pendekatan STEAM
Download berkas