Penulis / NIM
RATIH R. YAKOB / 153418071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Ratih R. Yakob, 2022. Pengaruh Permainan Tradisional ABC Lima Dasar Terhadap Kemapuan Berhitung Pada Kelompok B di Tk Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi. Skiripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendindikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Goorontaro. Pembimbing I: Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang memuaskan hasil belajar anak pada pembelajaran berhitung. Masi ada anak yang belum bisa berhitung 1-20 secara berurutan. Hal ini dikarenakan kurang menariknya pembelajaran, karena pengenalan berhitung yang dilakukan oleh guru hanya dengan menggunakan LKA yang kurang variatif, sehingga anak merasa bosan dan kurang tertarik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Tradisional ABC Lima Dasar Terhadap Kemampuan Berhitung Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi. Seseuai dengan masalah diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen desa (one group pretest dan posttest). Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelompok Bdengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan sampel 22 anak menunjukan bahwa terdapat penngkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 13,45 artinya anak berada dalam kategori mulai berkembang. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 31,41 artinya anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji-test, dan hasil signifikan diperoleh nilai thitung 22,7 sedangkan nilai ttabel pada (��')= 0,05 yakni sebesar 2,079. Jadi t hitung > t tabel 22,7 > 2,079 atau p-value > alpha 22 > 0,05 dengan kata lain t hitung > ttabel maka H0 ditolak atau H1 diterima artinya terdapat pengaruh antara permainan tradisional ABC lima dasar terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B di TK Negeri Pembina Ki Hajar Dewantoro Kecamatan Dungingi.
Kata Kunci: Permainan Abc Lima Dasar, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini
Download berkas