Penulis / NIM
ANDI AULIA / 153418080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs YAKOB NAPU, M.Pd / 0027076017
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Andi Aulia. 2022. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Pembimbing I Drs. Yakob Napu. M. Pd dan Pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan KognitifAnak Kelompok A di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design).Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 orang anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 18,3 dan standar deviasi 2,202. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 25,95 dan standar deviasi 2,910.Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test, dari hasil uji signifikan di peroleh nilai thitung =14,867 Sedangkan nilai ttabel pada (�±)=0,05 yakni sebesar 2,093. Jadi thitung ��¥ ttabel14,867 ��¥ 2,093atau p-value > alpha 20> 0,05 dengan kata lain thitung>ttabel maka H0 di tolak atau H1diterima dengan demikian maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A di tk pembina agropolitan kecamatan kabila kabupaten bone bolango.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Kemampuan KognitifAnak, Anak Usia Dini.
Download berkas