Penulis / NIM
AINUN KARIM / 153418095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
AB STRAK
Ainun Karim 2022. Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di Tk Negeri Kihadjar Dewantoro 1 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di TK Negeri Kihadjar Dewantoro 1 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan teknik pengumulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian bahwa strategi dalam mengatasi perilaku agresif anak usia dini yang diterapkan Guru Di TK Negeri Kihajdar Dewantoro 1 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo sudah mampu menangani dan meminimalisir terjadinya perilaku agresif. Hasi penelitian ini mendeskripsikan tentang Strategi Guru Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Di TK Negeri Kihajdar Dewantoro 1 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, bahwa strategi yang diterapkan guru telah mengalami perubahan yang lebih baik. Seperti mengidentifikasi masalah anak dengan melihat dan mencatat perilaku anak dengan catatan anekdot. Kemudian strategi pendekatan secara lembut dengan memberikan membujuk memberikan pujian. Namun jika, strategi pendekatan secara lembut tidak ampuh maka akan digunakan strategi pemberian hukuman.
Kata kunci : strategi guru, perilaku agresif,anak
Download berkas