Penulis / NIM
NURSELA / 153418099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Pembimbing 2 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Abstrak
ABSTRAK
Nursela, 2022 Pengaruh Media Pembelajaran Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nabila Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Sri Wahyuningsi Laiya S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data terdapat pengaruh media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di Tk Nabila Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini yang digunakan kuantitatif eksperimen pre-eksperimen (on-group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 anak menunjukan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 12,75 dan standar deviasi 1,517. Sedangkan pada data postets memperoleh nilai rata-rata 34,05 dan standar deviasi 4,828. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Pengujian hipotesis dengan uji t, pada bagian sig. (2-tailed) diperoleh dari t hitung 0,000
Download berkas