Penulis / NIM
ISMAWATI K. KARIM / 153418101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
YENTI JUNIARTI, S.Pd., M.Pd / 1025069102
Abstrak
ABSTRAK
Ismawati K. Karim, 2022 Deskripsi kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dr Irvin Novita Arivin, M.Pd. Pembimbing II : Yenti Juniarti, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Gambaran Kemampuan Berbicara, apa strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara serta faktor apa yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berbicara, strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara serta faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara kelompok A. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa deskripsi kemampuan berbicara anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo pada anak kelompok A yaitu dapat berkembang dengan optimal, terlihat dari indikator pertama gambaran kemampuan berbicara anak kelompok A TK Pembina terdapat 6 dari 15 anak yang kemampuan berbicaranya masih minim, dikarenakan kurangnya stimulasi dari orangtua dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. Sebaliknya banyak anak yang kemampuan berbicaranya sudah baik. Hal ini juga dipengaruhi oleh pernguasaan kosa kata yang dimiliki anak. Guru harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan strategi pembelajaran karena guru merupakan kunci utama keberhasilan siswa. Terdapat 4 strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara yaitu, bermain peran, bercakap-cakap, bernyanyi, bercerita dan bermain show and tell. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bercerita adalah kecerdasan dan lingungan.
Kata Kunci : Anak, Kemampuan Berbicara, Strategi Pembelajaran
Download berkas