Penulis / NIM
RAHMAWATI YUSUF / 153418106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Yusuf. 2022 Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I : Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd, Pembimbing II : Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 4-5 tahun TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen pre-experimental (one group pretest-posttest design). Hasil penelitian ini dengan jumlah sampel 15 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada pretest memperoleh nilai rata-rata 17.86 dan standar deviasi 3.335. Sedangkan pada posttest memperoleh nilai rata-rata 26.26 dan standar deviasi 3.654. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan pengujian yang dilakukan melalui uji t menunjukkan bahwa nilai sig.n (2-tailed) yaitu nilai thitung 3,151 > ttabel 2,145 sehingga H0 ditolak dan H1 di terima artinya hipotesis penelitian berbunyi terdapat pengeruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengenal angka anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Agropolitan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Metode Bernyanyi, Mengenal Angka, Anak Usia Dini
Download berkas