Penulis / NIM
INDAR TALIBO / 153418107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
Indar Talibo, 2022. Pengaruh Pembelajaran Sains Terhadap Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Anak Usia Dini Kelompok B Di Sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Skripsi, Pembimbing (1) Dr. Setiyo Utoyo M.Pd dan pembimbing (2) Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran sains terhadap keterampilan higher order thinking skills (HOTS) anak usia dini kelompok B Di TK Negeri Pembina Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan eksperimen pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini adalah 20 anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian menggambarkan terdapat pengaruh pembelajaran sains terhadap keterampilan higher order thinking skills (HOTS), dapat dibuktikan dengan jumlah nilai diperoleh yakni nilai rata-rata pre-test sebesar 16,60 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata post-test sebesar 34,35. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran sains meningkatkan keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS) anak karena pembelajaran sains menstimulus kemampuan dalam menganalisis, mengevalusi, dan mencipta.
Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Higher order thingking skills (HOTS), Anak usia dini
Download berkas