Penulis / NIM
RENDA YUSUF MAKRUF ISTIQOMAH / 153418108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
WAODE ETI HARDIYANTI, S.Pd., M.Ed / 0021049204
Abstrak
Renda Yusuf M. Istiqomah, 2022. â�Å"Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kec.Kota Baratâ�Â. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Dosen Pembimbing I Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd Dan Dosen Pembimbing II Waode Eti Hardiyanti, S.Pd, M.Ed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran flashcard angka terhadap kemampuan berhitung permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kec.Kota Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 18 anak menunjukan adanya perbedaan besaran data hasil pre-test dan post-test. Hal ini dapat dilihat dari data pre-test menunjukan skor tertinggi 27 dan skor terendah 13, nilai rata-rata 20,44 dan standar deviasi 5,02, sedangkan pada data post-test menunjukkan skor tertinggi 37 dan skor terendah 22, nilai rata-rata 30,00 dan standar deviasi 5,76. Hal ini menunjukan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai dengan test akhir. Dari hasil uji signifikan diperoleh nilai t hitung = 29,34 sedangkan nilai t tabel pada (a) = 0,05 yakni sebesar 2,109. Jika t hitung > t tabel ; 29,34 > 0,173 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jika t hitung > t tabel artinya terdapat pengaruh Media pembelajaran flashcard angka terhadap kemampuan berhitung permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kec.Kota Barat.
Kata kunci : kemampuan berhitung permulaan, media pembelajaran flashcard angka
Download berkas