Penulis / NIM
AINUN LONI / 153418109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
YENTI JUNIARTI, S.Pd., M.Pd / 1025069102
Abstrak
ABSTRAK
Ainun Loni. 2022. Pengaruh Media Salt Painting Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Pembimbing II Yenti Juniarti, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Anak belum dapat membuat huruf dengan jelas dan garis yang dibuat anak masih terlihat acak. Kurangnya kemampuan menulis permulaan juga karena guru masih kurang dalam menggunakan media yang menarik untuk kegiatan belajar menulis anak. Maka peneliti menguji coba media salt painting terhadap kemampuan menulis permulaan anak untuk mengetahui apakah media salt painting berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Seuai dengan masalah diatas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelompok B1 dengan menggunakan teknik purposive sampling .Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 18 anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 26,06 artinya anak berada dalam kategori mulai berkembang. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 34,39 artinya anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan uji t-test, dari hasil uji signifikan di peroleh nilai thitung =10,631. Sedangkan nilai ttabel pada (α)=0,05 yakni sebesar 2,109. Jadi thitung � ttabel 10,631 � 2,109 atau p-value > alpha 18 > 0,05 dengan kata lain thitung > T tabel maka H0 di tolak atau H1 diterima dengan demikian maka hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh media salt painting terhadap kemampuan menulis permulaan anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata kunci: Media Salt Painting, Kemampuan Menulis Permulaan, Anak Usia Dini
Download berkas