Penulis / NIM
NURVIKA WAHYUNI S. PADODO / 153418114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Nurvika Wahyuni S. Padodo 2022. Pengaruh Permainan Campur Warna Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Di Kelompok B di TK Anak Negeri Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, Pembimbing II: Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengearuh permainan campur warna terhadap kemampuan Problem Solving anak di kelompok B di TK anak negeri kecamatan paleleh kabupaten buol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data pengaruh kegiatan permainan campur warna terhadap kemampuan Problem Solving anak di kelompok B di TK Anak Negeri Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol. Metode penelitian ini yang digunakan kuantitatif eksperimen preeksperimental (on-group pretest-posttest design). Hasil penelitian dengan jumlah sampel 20 anak menunjukkan adanya perbedaan besaran rata-rata hasil pretest dan posttest. Hal ini dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 19 dan standar deviasi 1,27. Sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 27 dan standar deviasi 2,68. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. berdasarkan output Tes Statistic, diketahui nilai T hitung 14,0 dan nilai T tabel 0,190. Oleh karena nilai 14,0>0,190 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bhawa terdapat pengaruh permainan campur warna terhadap kemampuan Problem Solving anak di kelompok B di TK Anak Negeri Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol.
Kata kunci: Permainan Warna, Problem Solving, Taman Kanak-Kanak
Download berkas