Penulis / NIM
FATMAHWATI IBRAHIM AKUBA / 153418119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
Fatmahwati Ibrahim Akuba, 2022. ��Ã..."Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Menanam tanaman pada Siswa Kelompok A TK Kuntum Mekar Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten GorontaloÃ��ÂÂ. Skripsi Program Studi S-1 PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd dan Pembimbing II. Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adalah apakah kecerdasan naturalis anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode proyek menanam tanaman di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Kuntum Mekar Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Menanam tanaman pada anak Kelompok A TK Kuntum Mekar Desa Tabumela Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak masih rendah yaitu hanya 3 anak (20%) yang mampu memperhatikan alam sekolah baik hewan maupun tumbuhan sedangkan 12 anak (80%) menunjukan kurangnya perhatian mereka terhadap lingkungan sekitar. siklus I pertemuan pertamaanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 46,7% saja. Pertemuan kedua anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 53,4% saja. Pertemuan ketiga anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 60% saja. Pertemuan keempatanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 66,7% saja. Dan pertemuan kelima anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) hanya 73,3% saja. Sedangkan hasil tindakan siklus II pertemuan pertama anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) mencapai 93,3%. Pertemuan keduaanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sudah mencapai86,7%.Pertemuan ketigaanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) mencapai86,7%. Pertemuan keempatanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) mencapai86,7%.Dan pertemuan kelimaanak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) mencapai93,3%. Dari hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa melalui metode proyek menanam tanaman dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada siswa TK Kuntum Mekar Desa Tabumela Kecamata Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, Metode Proyek, Menanam Tanaman.
Download berkas