Penulis / NIM
NIRTAWATI YASIN / 153418125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Nirtawati Yasin. 2022. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tabung angka di Sekolah PAUD Camar I Desa Olimoo������o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Dr. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI selaku pembimbing II.
Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan kamampuan kognitif anak Usia Dini melalui Media Tabung Angka di Sekolah PAUD Camar I Desa Olimoo������o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu model siklus seperti yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini akan dilakukan di PAUD Camar 1 Desa Olimoo������o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelompok B di PAUD yang peserta didiknya berjumlah 10 Orang anak. Yang teridir dari anak laki laki berjumlah 7 orang dan jumlah anak perempuan sebanyak 3 orang. Hasil observasi awal menemukan bahwa anak sulit membedakan beberapa bilangan yang memiliki bentuk yang sama seperti angka 6 dan 9, serta dalam pembelajaran menghubungkan benda dengan lambang bilangannya masih banyak anak yang melakukan kesalahan dalam menghubungkan atau memasangkannya, hal tersebut terlihat dari 10 jumlah anak hanya 3 anak (30%) yang dapat menghubungkan atau memasangkan benda dengan lambang bilangannya secara benar dan 7 orang anak (70%) masih mengalami kesulitan. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melakukan perlakuan pada Siklus I diperoleh tingkat pencapaian peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media tabung angka yaitu 4 orang anak (40 %). Hal ini jelas bahwa kemampuan anak dalam hal membilang melalui media tabung angka masih rendah . karena pencapaian peningkatan kemampuan kognitif masih kurang maka di lanjutkan ke Siklus ke II. Pada penelitian siklus II tingkat pencapaian peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan tabung angka dengan gambar yang disesuaikan dengan tema pembelajaran sudah baik yaitu 9 orang anak (90%). Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian berhasil karena peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak sudah melebihi standar minimal penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa dengan permainan media tabung angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Tabung Angka, Permainan
Download berkas