Penulis / NIM
PIRA R. NOHO / 153418130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd,M.Pd,MCE / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
Pira R. Noho. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak MelaluiPermainan Ular Tangga Pada anak kelompok A (Usia 4-5 tahun) di sekolah TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Ibu Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian Ini bertujuan meningkatkan kemampuan Membilang Anak Melalui Permainan Ular Tangga Pada anak kelompok A (Usia 4-5 tahun) di sekolah TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dengan Rancangan penelitian tindakan kelas yaitu model siklus seperti yang dikemukakan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini akan dilakukan di TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A (usia 4-5 tahun) di TK Al-Ikhlas yang terdiri dari 16 anak didik, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Berdasarkan Hasil Observasi Awal sebelum dilakukan Perlakuan diketahui kegiatan konsep membilang pada anak masih rendah dimana dari 16 anak ada 2 anak (20%) sudah bisa membilang dengan baik, sedangkan 14 anak (80%), belum bisa membilang dengan baik dan Hasil penelitian yang diperoleh setelah melakukan Perlakuan Pada Siklus I diperoleh bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dalam kemampuan membilang anak kelompok A TK Al Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo namun masih banyak indikator yang belum tercapai, sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan anak dalam kemampuan membilang, ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata persentase total anak didik pada siklus I 37% dan jumlah rata-rata persentase keseluruhan anak didik meningkat menjadi persentase 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membilang anak pada kelompok A di TK Al-Ikhlas Desa Lamu Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Hal ini didasarkan hasil observasi pada siklus I dimana hasilnya masih kurang maksimal dan mengalami peningkatan pada siklus II.
Kata Kunci : Permainan; Kemampuan Membilang; Ular Tangga
Download berkas