Penulis / NIM
MARYAM KAMO / 153418137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr SETIYO UTOYO, M.Pd / 0022087203
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Kamo. 153 418 137. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengucap Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok A di TK Nikmawati Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd dan Nurhayati Tine, S.PdI., M.HI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengucap huruf Hijaiyah melalui media kartu huruf hijaiyah pada anak kelompok A Di Tk Nikmawati Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Jumlah anak usia dini yang menjadi subjek penelitian yakni sebanyak 20 orang anak yang terdiri atas 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu huruf hijaiyah mampu untuk meningkatkan kemampuan mengucap huruf Hijaiyah anak di anak kelompok A di TK Nikmawati Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil pada pengamatan awal sebesar 49,06% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori belum berkembang dan mulai berkembang. Sementara hasil siklus 1 mengalami peningkatan menjadi sebesar 73,75% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sesuai harapan. Serta hasil siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 86,25% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sangat baik.
Kata kunci: Media Kartu Huruf Hijaiyah, Mengucap Huruf Hijaiyah
Download berkas