SKRIPSI

Penulis / NIM
AYUN LANTI / 153418150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK Ayun Lanti, NIM. 153 418 150. Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mawar Mearh Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II. Nunung Suryana Jamin, SE., M.Si Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sains melalui pendekatan saintifik untuk anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Merah Kecamatan Mootilango. Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan maksud memberikan gambaran terhadap peningkatan hasil belajar sains pada anak Kelompok B Di TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar sains anak masih rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh yaitu dari 17 anak, yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 29,4%. siklus I yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 41%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 61% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 64%. Siklus 2 yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 79%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 82% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo Kata kunci : Kemampuan, Sains, Pendekatan, Saintifik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011