Penulis / NIM
AYUN LANTI / 153418150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN, SE, M.Si / 0021127903
Abstrak
ABSTRAK
Ayun Lanti, NIM. 153 418 150. Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mawar Mearh Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II. Nunung Suryana Jamin, SE., M.Si
Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan sains melalui pendekatan saintifik untuk anak usia 5-6 tahun di TK Mawar Merah Kecamatan Mootilango. Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan maksud memberikan gambaran terhadap peningkatan hasil belajar sains pada anak Kelompok B Di TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar sains anak masih rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh yaitu dari 17 anak, yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 29,4%. siklus I yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 41%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 61% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 64%. Siklus 2 yaitu anak yang memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan Berkembang sesuai harapan (BSH) pada aspek menyebutkan macam-macam warna yang dihasilkan dari pencampuran warna dan menghitung jumlah warna yang dicampur sebesar 79%, pada aspek anak dapat membedakan warna gelap dan terang dan anak dapat mencampur warna sebesar 82% sedangkan pada aspek anak dapat menirukan gerakan saat mencampur warna sebesar 88%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan sains anak kelompok B TK Mawar Merah Desa Pilomonu Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo
Kata kunci : Kemampuan, Sains, Pendekatan, Saintifik
Download berkas