Penulis / NIM
RIYANTI PIPII / 153418152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti Pipii. 153 418 152. 2022. Meningkatkan Disiplin Melalui Pembiasaan Budaya Antri Pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disiplin melalui pembiasaan budaya antri pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin anak usia dini pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto mengalami peningkatan setelah dilakukan pembiasaan (habituasi) budaya antri oleh guru. Disiplin anak awal anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo yakni terletak pada kriteria yang belum berkembang (BB) dengan skor sebesar 41,56%. Kemudian disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo pada siklus 1 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan skor sebesar 77,50%. Serta disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo pada siklus 2 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sangat baik (BSB) dengan skor sebesar 95,31%. Sehingga dapat dikatakan bahwa jika pembiasaan budaya antri semakin baik, maka terjadi peningkatan disiplin anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto
Kata kunci: Budaya Antri, Disiplin Anak Usia Dini
Download berkas