Penulis / NIM
AGUSTIN HIPI / 153418154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
YENTI JUNIARTI, S.Pd., M.Pd / 1025069102
Abstrak
ABSTRAK
Agustin Hipi. 153 418 154. 2022. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Pasir Ajaib Pada Anak Kelompok B di Paud Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Yenti Juniarti, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas anak usia dini melalui permainan pasir ajaib pada anak kelompok B di Paud Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Jumlah anak usia dini yang menjadi subjek penelitian yakni sebanyak 20 orang anak yang terdiri atas 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan pasir ajaib mampu untuk meningkatkan kreativitas anak di kelompok B Taman Kanak-Kanak (TK) Menara Ilmu Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil pada pengamatan awal sebesar 45,94% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori belum berkembang dan mulai berkembang. Sementara hasil siklus 1 mengalami peningkatan menjadi sebesar 68,75% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sesuai harapan. Serta hasil siklus 2 mengalami peningkatan menjadi sebesar 92,19% yang didominasi oleh capaian anak usia dini dalam kategori bekembang sangat baik.
Kata kunci: Permainan Pasir Ajaib, Kreativitas Anak
Download berkas