Penulis / NIM
DASRIN H. ISHAK / 153418156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
Dasrin H. Ishak. 2022. Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi di Kelompok B PAUD Fadhilatul Ikhsan Desa Buhudaa kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDiniFakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, Pembimbing II : Sri WahyuningsiLaiya, S.Pd, M.Pd
Tujuan Penelitian meningkatkan pengenalan kosakata Bahasa Inggris melalui bernyanyi pada anak Kelompok B PAUD Fadhilatul Ikhsan Desa Buhudaa Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini di Kelompok B PAUD Fadhilatul Ikhsan Desa Buhudaa Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bernyanyi. Kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa terdapat 3 anak (25%) dari 12 anak. Setelah mengikuti siklus I pertemuan 1 menunjukkan peningkatan pengenalan kosakata Bahasa Inggris anak menjadi 4 anak (33,5%) %). Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2, terjadi peningkatan perkembangan anak dalam pengenalan kosakata Bahasa Inggris, dari jumlah 4 anak meningkat menjadi 6 anak (50%). Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan dari 6 anak menjadi 8 anak (66,5%), siklus II pertemuan 2 meningkat dari 8 anak menjadi 10 anak (83,5%) dari jumlah 12 anak. Peningkatan 10 anak dari jumlah 12 orang anak. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa melalui metode bernyanyi kosakata bahasa inggris anak dapat di tingkatkan.
Kata Kunci : Kosakata Bahasa Inggris, Metode Bernyanyi,Anak Usia Dini
Download berkas