SKRIPSI

Penulis / NIM
HADIJAH A. KADIR / 153418159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK Hadijah A. Kadir. 153 418 159. 2022. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kemampuan kognitif awal anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yakni terletak pada kriteria yang mulai berkembang (MB) dengan skor sebesar 53,10%. kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 1 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan skor sebesar 74,76% sehingga antara pengamatan awal ke siklus 1 metode eksperimen terjadi peningkatan sebesar 21,67% hasil capaian kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 2 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sangat baik (BSB) dengan skor sebesar 88,33% dimana capaian kemampuan kognitif siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13,81% dari siklus 1 dan sebesar 35,48% dari pengamatan awal. Kata kunci: Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011