Penulis / NIM
HADIJAH A. KADIR / 153418159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Pembimbing 2 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Abstrak
ABSTRAK
Hadijah A. Kadir. 153 418 159. 2022. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd dan Icam Sutisna, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui lembar observasi oleh guru mitra terhadap peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif pada pembelajaran sains melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Kemampuan kognitif awal anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yakni terletak pada kriteria yang mulai berkembang (MB) dengan skor sebesar 53,10%. kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 1 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sesuai harapan (BSH) dengan skor sebesar 74,76% sehingga antara pengamatan awal ke siklus 1 metode eksperimen terjadi peningkatan sebesar 21,67% hasil capaian kemampuan kognitif anak. Kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Tunas Kartini Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada siklus 2 yakni terletak pada kriteria yang berkembang sangat baik (BSB) dengan skor sebesar 88,33% dimana capaian kemampuan kognitif siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13,81% dari siklus 1 dan sebesar 35,48% dari pengamatan awal.
Kata kunci: Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen, Kemampuan Kognitif
Download berkas