Penulis / NIM
SUMIYATI LODI TALIB / 153418161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Sumiyati Lodi Talib, 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Puzzle Pada Anak Kelompok A Di Sekolah Paud Bina Mandiri Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Pendidikan guru pendidikan anak usia dini fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui bermain puzzle pada anak kelompok A Di PAUD Bina Mandiri Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini dilakukan dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, variabel outputdan dilakukan dalam 2 siklus. Pada observasi awal dari jumlah 15 orang anak yang ada di kelompok A PAUD Bina Mandiri, hanya 2 orang anak (13,5%) yang kemampuan mengenal angka sudah optimal, sedangkan 13 orang anak (86,5%) kemampuan mengenal angka masih rendah atau belum optimal. Pada siklus I Pertemuan I meningkat menjadi 3 orang anak (20%), selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 5 orang anak (33,3%), pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 9 orang anak 60%), kemudian pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 13 orang anak (86,5%) dari jumlah 15 orang anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain puzzle angka kemampuan mengenal angka dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Mengenal Angka, Bermain Puzzle, Anak Kelompok A
Download berkas