Penulis / NIM
RISNA HUSAIN / 153418169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
ICAM SUTISNA, S.Pd, M.Pd / 0001027805
Pembimbing 2 / NIDN
SRI WAHYUNINGSI LAIYA, S.Pd., M.Pd / 0028087906
Abstrak
ABSTRAK
RISNA HUSAIN : 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Bermain Pasir Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bersahaja Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan PG Paud. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Icam Sutisna, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Sri Wahyuningsi Laiya, S. Pd, M. Pd.
Penelitian ini dilaksanakan di TK Bersahaja Desa Bulila Kecamatan Telaga tentang kemampuan menulis melalui bermain pasir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif, kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian ini adalah penerapan media pasir untuk meningkatkan kemampuan menulis telah berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari observasi penerapan media pasir sebesar 85%. Nilai tersebut masuk pada kriteria sangat baik, terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis anak dengan menggunakan pasir. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang berkembang dan memenuhi indikator yang diharapkan.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Bermain Pasir, Anak Usia Dini
Download berkas