SKRIPSI

Penulis / NIM
JAYANTI MUSTAPA / 211406191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Jayanti Mustapa NIM. 211 406 191. Skripsi 2012 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Kebutuhan Manusia Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Patilanggio Kabupaten pohuwato”. Dibawah bimbingan Ibu Hj. Salma Bowtha M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Radia Hafid S.Pd, M.Si selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakn pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Patilanggio, Tahun Ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi macam-macam kebutuhan manusia. Adapun hasil temuan pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada metode Tutor Sebaya pada mata pelajaran macam-macam kebutuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat ditunjukan pada Siklus I, hasil pengamatan kegiatan guru terdiri dari 18 aspek yang diamati, meliputi pengamatan persiapan kegiatan belajar mengajar dan suasana kelas dalam KBM. Dari 18 aspek kegiatan guru yang diamati, mencapai nilai sebesar 83, 33%. Sedangkan hasil pengamatan kegiatan tutor sebaya terdiri dari 8 aspek yang diamati mencapai 62,5% dengan kategori baik/sangat baik dan hasil pengamatan kegiatan teman sebaya terdiri dari 8 aspek yang diamati mencapai 62.5% dengan kategori baik/sangat baik serta hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 70 keatas sebesar 72.73%. sedangkan pada siklus II, Hasil pengamatan dari 18 aspek kegiatan guru yang diamati, mencapai 55.56% dengan kategori sangat baik dan 44.44% dengan kategori baik. Sedangkan hasil pengamatan kegiatan tutor terdiri dari 8 aspek yang diamati mencapai 37.5% dengan kategori sangat baik dan 62.5% dengan kategori baik dan hasil pengamatan kegiatan teman sebaya terdiri dari 8 aspek yang diamati mencapai 25% dengan kategori sangat baik dan 75% dengan kateori baik serta hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 70 keatas sebesar 95,45%. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II menunjukan ada peningkatan, hasil belajar siswa pada penyajian dan penafsiran data pada diagram dengan menggunakan metode tutor sebaya. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang dinyatakan bahwa” Jika dalam pembelajaran Materi Macam-Macam Kebutuhan Manusia Menggunakan Metode Tutor Sebaya, maka hasil belajar siswa akan meningkat dinyatakan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Tutor Sebaya
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011