Penulis / NIM
CICA ASIM / 211407022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Cica Asim. ” Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencari Pasangan pada Mata Ilmu Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII2 SMP Negeri 1 Kabila Bone”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dr. Hamzah Yunus, M.Pd), dan pembimbing II (Radia Hafid, S.Pd, M.Si)
Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VII2 di SMP Negeri 1 Kabila Bone?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu materi ekonomi pada siswa kelas VII2 di SMP Negeri 1 Kabila Bone, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Mencari Pasangan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe mencari pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII2 SMP Negeri 1 Kabila Bone.
Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu materi ekonomi yakni; pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73.68%. Namun rata tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 80%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada tindakan siklus dua diperoleh hasil rata-rata capaian siswa sebesar 83.09% atau terjadi peningkatan sebesar 8.42%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 9,41% dengan demikain hipotesis yang berbunyi ”Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran IPS Terpadu pada kelas VII2 SMP Negeri 1 Kabila Bone dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Mencari Pasangan ” dapat terbukti.
Kata Kunci: Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas