SKRIPSI

Penulis / NIM
HILMAN TALIHAN / 211407070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK Hilman Talihan. NIM. 211 407 070. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mananggu). Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Univesitas Negeri Gorontalo. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share? Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan variabel input yakni siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mananggu, guru mata pelajaran Ekonomi serta sarana yang mendukung pembelajaran. Variabel prosesnya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, yang diukur dari daya atau kemampuan guru membimbing siswa dalam mengelola pembelajaran di luar kelas. Sementara itu, variabel output-nya adalah hasil belajar Ekonomi yang diukur dari peningkatan kualitas pembelajaran. Adapun langkah-langkah/prosedur penelitian yang dilakukan penulis, secara berurutan, dimulai dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi. Data yang dikumpulkan selama proses pembelajaran dianalisis secara kuantitatif dengan mencari ketuntasan perorangan, ketuntasan klasikal, dan nilai rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hal ini dibuktikan dengan kualitas pengelolaan pembelajaran mengalamai peningkatan. Kualitas aktivitas guru pada siklus I sebesar 52,63%. Angka ini mengalami peningkatan pada siklus II, yakni menjadi 73,68%, dan kualitas belajar siswa pada siklus I hanya memperoleh 55,56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,77%. Nilai ketuntas siswa pada siklus I sebesar 74,07%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,19%. Sementara itu, untuk daya serap siswa, pada siklus I mencapai 74,81%, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,52%. Kata- Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011