Penulis / NIM
IMRAN RAHIM / 211407073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Imran Rahim. 2016. Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa di SMA Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato khususnya siswa kelas XI IPS adalah adanya siswa yang mengalami masalah terkait dengan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato..
Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 77 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 77 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara adalah sebagai pelengkap atau pendukung. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data analisis persentase.
Dari hasil penelitian pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato menunjukkan bahwa secara umum pengaruh Faktor Eksternal ini berada pada kategori kurang baik. Persentase ini merupakan gabungan dari indikator faktor keluarga sebesar 66.78%, indikator faktor sekolah memperoleh hasil persentase sebesar 34.22%, indikator faktor Masyarakat, memperoleh hasil persentase sebesar 60.70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh faktor eksteral terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Randangan Kabupaten Pohuwato ini masih berada pada kategori kurang baik.
Kata Kunci: Faktor Eksternal dan Hasil Belajar
Download berkas