Penulis / NIM
MOHAMAD DAUD / 211407105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Daud. Nim 211407105 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontekstual”. Skripsi 2012 Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan, Bapak Dr Hamzah Yunus, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi melalui model pembelajaran konteksual. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus. Data yang digunakan adalah berupa data hasil ujian semester ganjil, yang menjadi data awal dan hasil dari proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Dari yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis serta refleksi dengan menggunakan standar penilaian. Dimana penelitian tindakan ini dikatakan berhasil jika mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari 56,25% Menjadi 75% siswa telah mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan untuk mata pelajaran akuntansi yaitu 75.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa yang tuntas terdapat 23 orang atau 71,87% siswa dengan nilai rata-rata 7,40% dan daya serapnya adalah 74,06%. Capaian ini belum mencapai indikator kinerja yang telah dietapkan, yakni setiap objek pengamatan harus mencapai di atas 75%. Dari data pada siklus I, maka perlu ditindak lanjuti atau dilakukan penyempurnaan pada siklus berikutnya, yakni siklus II. Pada siklus II, ada perubahan pada aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada nilai 75 keatas mencapai 81,25%, Berdasarkan data hasil belajar pada siklus II, menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah baik, karena telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni setiap objek pengamatan harus mencapai diatas 75%.
Dengan hasil data yang didapat pada proses pembelajaran pada siklus II, ini menunjukkan bahwa keberhasilan dapat dicapai apabila seorang guru mengoptimalkan pengelolaan proses pembelajaran di kelas yang sesuai dengan tujuan dan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditentukan dalam rencana program pembelajaran (RPP). Oleh karena itu, hipotesis tindakan yang berbunyi: “Jika guru menerapkan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran akuntansi Kelas XI, maka Hasil belajar siswa meningkat”, terbukti dan dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Metode pembelajaran kontenkstual dan hasil belajar siswa.
Download berkas