Penulis / NIM
NURASIA / 211407120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
NUR ASIA, NIM 211407120. Hubungan Kompetensi Professional Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi dikelas XI-IS SMA Negeri 3 Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Asna Aneta, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Roy Hasiru, S.Pd, M.Pd, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Kompetensi Profesional Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS di SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan statistic korelasi product moment adapun pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Hubungan Kompetensi Professional Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan dengan terlebih dahulu melakukan pengujian hipotesis dengan hasil rxy= 0,5538 dengan kata lain bahwa kompetensi profesional guru memiliki hubungan dengan motivasi belajar siswa sebesar 30,66%, dan indikator yang paling dominan dalam kompetensi professional guru adalah pada pelaksanaan pembelajaran. pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil thitung = 6,527 dan tdaftar =2,390 yang berarti thitung lebih besar dari tdaftar, maka hipotesis ho ditolak dan di terima ha, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kompetensi professional guru dengan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas