Penulis / NIM
RANI RIZKY LAKUDJU / 211407136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Rani Risky Lakudju. NIM. 211407136. 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Boutha M.Pd dan Pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni : Apakah hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 12 Kota Gorontalo dapat di tingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada pata pelajaran IPS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa Kelas VIIIB melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo meningkat dari 67% ke 81% dengan nilai minimal 75.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation
Download berkas