Penulis / NIM
TAUFIK UMAR / 211407175
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Taufik umar, Nim 211 407 175. " meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan pembimbing II : Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkah hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemberian tugas pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dimana subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 35 orang.varibel penelitian terdiri dari variabel input, proses dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yakni mengunakan instrumen penelitian berupa observasi, evaluasi dan dokumentasi. Teknik analisis data, dilaksanakan secara kuantitatif serta mengunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar.
Hasil penelitian ini menyimpulkan penggunaan metode pemberian tugas pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS-1 SMA Negeri 2 Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini karena di dukung dengan hasil belajar siswa pada tahap observasi awal siswa yang memperoleh nilai minimal hanya 42,85% setelah dilakukan kegiatan pada siklus I menigkat menjadi 62,85% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,85%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, metode pemberian tugas.
Download berkas