Penulis / NIM
WIWIN RAHIM / 211407188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Wiwin Rahim, Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laporan
keuangan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS) di SMA Negeri 1 Gorontalo
Skripsi, program studi S1 Akuntansi, jurusan pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi
dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Salma
Bowth M.Pd dan Radia Hafid, S.pd, M.Si.
penelitian bermaksud untuk meningkatkan, untuk mengetahui penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan untuk mengetahui hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada
materi laporan keuangan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laporan keuangan?
Penelitian tindakan kelas ini dapat dilakukan dari observasi awal sampai
kesiklus II, maka terbukti dat menerima hipotesis yang diajukan: menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi laporan keuangan dikelas
XII C4 di SMA Negeri 1 Gorontalo dapat meningkat. Hasil dilihat dan dibandingkan
siklus I siswa memperoleh nilai 65.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembalajaran
kooperatif tipe Think Pair Share pada materi laporan keuangan di SMA Negeri 1
Gorontalo Aktifitas siswa dapat meningkat proses pembelajaran hal ini dapat
dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) Dan hasil
Belajar Siswa
Download berkas