SKRIPSI

Penulis / NIM
MURDASANS KONGGOASA / 211407220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
Murdasans Konggoasa. NIM 211 407 220. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi dikelas X IS 1 SMU Negeri 4 Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku pembimbing I dan Badriyyah Djulla, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi S1 Pendidikan, Jurusan pendidikan Ekonomi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada rumusan masalah: Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi dikelas X IS 1 SMA Negeri 4 Gorontalo, akan meningkatkan hasil belajar siswa?. Hipotesis penelitian adalah Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Pada mata Pelajaran IPS Ekonomi, Hasil Belajar siswa dikelas X IS 1 di SMA Negeri 4 Gorontalo akan meningkat, dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 70 meningkat dari 30% menjadi 80%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ketuntasan yaitu minimal 70, pada saat observasi awal 30% dan setelah pelaksanaan penelitian siklus I meningkat menjadi 43,33% sedangkan dari hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II meningkat dari 43,33% pada siklus I menjadi 83,34%. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011