Penulis / NIM
MURDASANS KONGGOASA / 211407220
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
Murdasans Konggoasa. NIM 211 407 220. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi dikelas X IS 1 SMU Negeri 4 Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd selaku pembimbing I dan Badriyyah Djulla, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Program Studi S1 Pendidikan, Jurusan pendidikan Ekonomi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.
Pelaksanaan penelitian didasarkan pada rumusan masalah: Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi dikelas X IS 1 SMA Negeri 4 Gorontalo, akan meningkatkan hasil belajar siswa?. Hipotesis penelitian adalah Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation Pada mata Pelajaran IPS Ekonomi, Hasil Belajar siswa dikelas X IS 1 di SMA Negeri 4 Gorontalo akan meningkat, dengan indikator keberhasilan siswa yang memperoleh nilai minimal 70 meningkat dari 30% menjadi 80%.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai ketuntasan yaitu minimal 70, pada saat observasi awal 30% dan setelah pelaksanaan penelitian siklus I meningkat menjadi 43,33% sedangkan dari hasil belajar siswa setelah pelaksanaan siklus II meningkat dari 43,33% pada siklus I menjadi 83,34%.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation
Download berkas