SKRIPSI

Penulis / NIM
ALMIN NUR S. / 211408001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK Almin Nur.S 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 8 Wonosari. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Arifin Tahir, M.Si dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 8 Wonosari Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 8 Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Wonosari pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, dapat dikatakan bahwa hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran diliahat dari 23 aspek yang diamati, presentase yang didapat kriteria baik 22.22%, kriteria cukup 33.33%, dan kriteria kurang 44.45%. dan untuk hasil belajar siswa yang memperoleh nilai 70 berjumlah 10 siswa atau 55.55% . Dengan perbaikan-perbaikan yang telah dilakukan pada proses pembelajaran maka pada siklus II ini terjadi peningkatan baik untuk aktifitas siswa, kegiatan guru, maupun hasil belajar siswa itu sendiri. Hal ini terlihat pada pengamatan terhadap aktifitas siswa dari 23 aspek yang diamati secara kelompok diperoleh presentase kriteria secara keseluruhan yaitu kriteri baik 61.11%, kriteria cukup 22.22%, sedangkan kriteria kurang 16.67%. sedangkan untuk hasil belajar siswa, yang memperoleh nilai 70 berjumlah 15 siswa atau 83.33% . Bedasarkan pembahasan tersebut, dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 8 Satap Wonosari Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan. Kata kunci: Hasil belajar siswa dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011