SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIYATI ZEES / 211408003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK Ariyati Zees Nim. 211 408 003. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe Jigsaw pada Materi Menanam di SMP Negeri 1 Tolangohula, dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Meyko Panigoro, S.Pd,M.Pd, masing masing sebagai pembimbing I dan II. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas, dan masalah yang dianalisis dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII khususnya pada mata pelajarann menanam, disamping itu penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar, dapat memberikan kontribusi yang besar bagi guru maupun siswa khususnya dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan siklus 1 (satu), target pencapaian hasil belajar siswa belum memadai, dalam arti bahwa siswa belum secara langsung mendapatkan manfaat dalam kegiatan belajar mengajar. Namun pada pelaksanaan siklus II (dua) hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dari siklus I, yakni dari 56.25 % meningkat menjadi 78.13 %. Banyak hal yang mengakibatkan peningkatan hasil belajar siswa tersebut misalnya saja perbaikan dari faktor guru khususnya yang berhubungan dengan penyampaian materi dan pengelolaan kelas yang efektif. Dengan demikian maka hipotesis atau dugaan peneliti sejak awal penelitian ini, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas VIII SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo khususnya mata pelajaran muatan lokal dengan materi pembelajaran menanam terbukti diterima. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, jigsaw, hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011