Penulis / NIM
ASWIN KADIR / 211408004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Aswin Kadir. NIM. 211408004. Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Kelas
Bernuansa Pakem pada Pembelajaran IPS di SDN 19 Wonosari Kabupaten
Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Dibimbing oleh Hais Dama dan Robiyati
Podungge.
Penelitian ini bertolak dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa
kopmpetensi guru SDN 19 Wonosari Kabupaten Boalemo belum optimal. Tujuan
penelitian adalah untuk memperoleh data dan gambaran tentang kompetensi guru
dalam mengelola kelas bernuansa Pakem pada pembelajaran IPS di SDN 19
Wonosari Kabupaten Boalemo.
Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri 19 Kecamatan Wonosari
Kabupaten Boalemo. Pelaksanaan penelitian selama 3 bulan, dimulai pada bulan
Maret sampai dengan Juni tahun 2012. Jenis Penelitian adalah deskriptif
kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
beberapa teknik yang meliputi: (1) teknik observasi; (2) wawancara, dan (3) studi
dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SDN 19 Wonosari Kabupaten
Boalemo mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan sebagaimana diisyaratkan dalam pendekatan pembelajaran Pakem.
Kompetensi ini ditunjukkan dalam bentuk kemampuan menciptakan suasana
belajar siswa yang aktif dan berani dalam bertanya atau mengemukakan pendapat,
memilih metode yang mampu menumbuhkan inovasi siswa, menciptakan
pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas belajar siswa, dan
menciptakan kegiatan pembelajaran menyenangkan guna menjaga
perhatian siswa pada materi.
Mengacu pada hasil penelitian tersebut disarankan, hendaknya rekan-rekan
guru dapat memasyarakatkan pengelolaan kelas yang aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan pada pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya.
Kata kunci: Pengelolaan kelas bernuansa pakem, kompetensi guru
ABSTRACT
Aswan Kadir. SN: 211408004. Teacher competence on managing class in active,
creative, effective and fun learning nuance at the social science subject of SDN 19
Wonosari, District of Bolaemo. Department of Education of Economics. Faculty
of Economics and Business. Gorontalo State University. 2012. Supervisor: Hais
Dama and Co-Supervisor: Robiyati Podungge.
The problem statement of the study is teacher competence of SDN 19 Wonosari,
District of Bolaemo was not optimal. The objective of the study is to get data and
figure about teacher competence on managing class in active, creative, effective
and fun learning nuance at the social science subject of SDN 19 Wonosari,
District of Bolaemo.
The study was held on of SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo. Length of study
is 3 months from March to June 2012. This study is a descriptive qualitative.
Procedure of collecting the data is using 1) observation technique, 2) interview, 3)
document study.
The result of study shows that teacher at SDN 19 Wonosari, District of Bolaemo
can create active, creative, effective and fun learning nuance as the approach in
learning. These competences was showed by students asking or telling the idea
actively and bravely, choosing method that improved students’ innovation, create
learning process which develop students learning creativity and create fun
learning activities to keep the students attention on the subject.
Refers to the result of study, it can be suggested that the teacher should apply
creative, effective and fun learning at the social science subject or the other
subject.
Key words: managing class in active, creative, effective and fun learning nuance,
teacher competence.
Download berkas