Penulis / NIM
ERNI ABDUL / 211408010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Erni Abdul Nim 211 408 010 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Klas VII SMP
Negeri 4 Wonosari”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah
bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP
Negeri 4 Wonosari khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari
tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 36% menjadi 81,81%
atau rata-rata kelas 6,41 menjadi 7,32.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW, maka hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari akan meningkat”,
dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Download berkas