Penulis / NIM
MARTIN ASUNA / 211408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Martin Asuna Nim 211 408 021 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata
Pelajaran IPS Klas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari”. Program Studi Pendidikan
Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan
Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP
Negeri 4 Wonosari khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB
SMP Negeri 4 Wonosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari
hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu
dari 33,33% menjadi 80,95% atau rata-rata kelas 62,9 menjadi 73,8.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT), maka hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari
akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran NHT.
Download berkas