Penulis / NIM
ROFIT TAHSIM / 211408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Rofit Tahsim. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran
IPS di Kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari. Skripsi, Program Studi S1
Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hamzah Yunus, M.Pd,
Pembimbing II Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah Apakah
pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (Dua
Tinggal Dua Tamu) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari?”.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari,
dengan subjek penelitian adalah kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 yang
berjumlah 20 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian
ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas VIII yang memperoleh nilai 80
pada mata pelajaran IPS meningkat dari 40% menjadi minimal 80%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay
Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal
dari jumlah 20 orang siswa hanya 40% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas
dengan nilai rata-rata 61,25. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah
menjadi menjadi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, hasil
belajar siswa meningkat menjadi 72,40 (65% siswa dengan kriteria belajar tuntas)
pada siklus I dan 85,10 (90% yang tuntas belajar) pada siklus II
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Two Stay Two Stray.
Download berkas