Penulis / NIM
TITIN ALI PALAPA / 211408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Titin Ali Palapa 211 408 039. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII di SMP
Negeri 5 Wonosari Satap Kabupaten Boalemo”. Skripsi Konsentrasi
Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan
Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Meyko
Panigoro, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 5 Wonosari Satap.
Berdasarkan hasil penelitian, pengambilan data diambil dengan menggunakan
lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang
diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kualitatif
maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada Siklus I menunjukkan
nilai rata-rata kelas mencapai 68,9% dan ketuntasan klasikal sebesar 45%. Pada
Siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,40% dan ketuntasan klasikal
meningkat menjadi 85%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “jika guru
dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII
Pada IPS Ekonomi di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari Kabupaten Boalemo
dapat diterima”
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Download berkas