SKRIPSI

Penulis / NIM
TRIN SUGIYARTI / 211408040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK Trin Sugiyarti. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII MTs Al-Maktab Wonosari Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Imran R. Hambali, S.Pd, SE, MSA dan pembimbing II Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VIII dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu di MTs Al-Maktab Wonosari Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu melalui model pembelajaran jigsaw di MTs Al-Maktab Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Maksud dari metode ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTs Al-Maktab Wonosari Kabupaten Boalemo. Berdasarkan hasil penelitian siklus I tentang pengamatan aktivitas siswa bahwa perolehan nilai 6,5 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 13. Sedangkan hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran yang memperoleh nilai 7 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 15. Hasil pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran yang memperoleh nilai 7,5 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 15. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh bahwa: Dari jumlah 15 siswa, yang memperoleh rentang nilai 65 – 70 berjumlah 10 siswa dengan persentase 66,67 %. Sedangkan yang memperoleh rentang nilai 71 – 75 berjumlah 5 siswa dengan persentase 33.33 %. Daya serap siswa secara keseluruhan berdasarkan perolehan nilai 65 ke atas sebesar 100 %. Pada siklus II, data menunjukkan bahwa yang memperoleh nilai 7,5 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 15. Kegiatan siswa dalam pembelajaran yang memperoleh nilai 8 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 16. Pengamatan kegiatan siswa dalam pembelajaran yang memperoleh nilai 7 berjumlah 5 siswa dengan perolehan skor sebesar 14. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika menggunakan model pembelajaran jigsaw maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di MTs Al-Maktab Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo”, terbukti dan dinyatakan diterima. Kata kunci: Hasil belajar dan model pembelajaran jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011