SKRIPSI

Penulis / NIM
WAWAN RUSNGALIM / 211408041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
Wawan Rusngalim. 2012. Skripsi. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hais Dama, SE, M.Si dan pembimbing II Drs. Rusli Isa, M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo; (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran IPS terpadu SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode ini adalah mengukur pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wonosari Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian melalui uji statistik dengan menggunakan rumus regresi: = a + bX diperoleh persamaan regresi = 12 + 0,52 X. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu satuan pada variabel penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, maka akan diikuti penambahan 0,52 satuan pada variabel hasil belajar siswa. Persamaan regresi Y atas X yang diperoleh dapat dianggap linear atau tidak. Dari total Anava diperoleh F hitung = 0,57 sedangkan F daftar = 4,54 hal ini berarti bahwa F hitung < F daftar yaitu 0,57 < 4,54. Dengan demikian uji keberartian persamaan regresi yang telah dilakukan dapat diterima atau berarti. Kemudian untuk pengujian keberartian regresi diperoleh F hitung = 18,86 dan F daftar = 2,60 hal ini berarti bahwa F hitung > F daftar yaitu 18,86 > 2,60, sehingga ketergantungan Y dan X pada persamaan regresi ini sangat berarti. Berdasarkan hasil uji statistik seperti yang tercantum di atas, maka hipotesis yang berbunyi: Terdapat pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan hasil belajar siswa dapat diterima. Katakunci: Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa.
Download FILE

ARSIP

2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011