Penulis / NIM
WAWAN SULISTIONO / 211408042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Wawan Sulistiono. 2012. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo). Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 4 Wonosari pada mata pelajaran IPS terpadu.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, maka dapat dikatakan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 65 – 69 berjumlah 10 siswa dengan persentase 38,46 %, yang memperoleh rentang nilai 71 – 75 berjumlah 9 siswa dengan persentase 34,61 %. Sedangkan yang memperoleh rentang nilai 76 – 80 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,93 %. Pada siklus II menunjukkan bahwa dari jumlah 26 siswa, yang memperoleh rentang nilai 70 – 75 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Yang memperoleh rentang nilai 76 – 80 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Dari jumlah 15 siswa, yang memperoleh rentang nilai 81 – 85 berjumlah 6 siswa dengan persentase 23,08 %. Sedangkan yang memperoleh nilai 86-90 berjumlah 7 siswa dengan persentase 26,92 %. Daya serap siswa secara keseluruhan berdasarkan perolehan nilai 65 ke atas sebesar 100 %. Hal ini menunjukan peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Kata kunci: Hasil belajar siswa dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Download berkas