Penulis / NIM
WIDAYANTI / 211408043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTARK
Widayanti. Nim 211 408 043. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP
Negeri 9 Wonosari. Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri
Gorontalo.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran
serta rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ndegeri 9 Wonosari pada mata pelajaran
IPS yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal yang disebabkan karena
siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga perlu dicari alternatif
pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran lebih berorientasi pada siswa
secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat
meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajarn IPS Kelas
VIII di SMP Negeri 9 Wonosari.
Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara bertahap
dengan berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja
87,5% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 75. Data hasil penelitian ini
menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada siklus I diperoleh 31,25% (5 orang siswa) yang memperoleh nilai 75 ke atas dengan
rata-rata kelas 71. Hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah
ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II ini terjadi peningkatan terhadap
hasil belajar siswa yaitu dari 16 siswa yang dikenai tindakan 87,5% (14 orang siswa)
memperoleh nilai rata-rata kelas 80,93.
Dengan demikian indikator kinerja yang berbunyi apabila 80% atau 87,5% dari 16 orang
siswa sudah dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran IPS tercapai.
Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi :” jika guru menggunakan pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS akan meningkat.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas