Penulis / NIM
YATINI / 211408044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Yatini . 2012. Skripsi. Meningkatkan hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Mata Pelajaran
IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Program Studi
S1 Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Imran R.
Hambali, S.Pd, SE, MSA dan pembimbing II Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII SMP Negeri 2
Tolangohula Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo? Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada siswa kelas VII SMP
Negeri 2 Tolangohula Kebupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini adalah
hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
investigasi kelompok pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2
Tolangohula Kabupaten Gorontalo
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, hasil belajar siswa menunjukkan bahwa
dari jumlah siswa 30 orang yang memperoleh nilai di bawah dari 70 berjumlah 10
orang dengan persentase 33,33 %, sedangkan yang memperoleh nilai 70-75
berjumlah 6 orang dengan persentase 20 %. Pada siklus II menunjukkan bahwa
dari jumlah siswa 30 orang yang memperoleh nilai 70-75 berjumlah 1 orang
dengan persentase 3,33 %. Perolehan nilai 76-80 berjumlah 10 orang dengan
pesentase 33,33 %. Perolehan rentang nilai 81-85 berjumlah 15 orang dengan
persentase 50 %. Sedangkan perolehan nilai 86-90 berjumlah 2 orang dengan
perolehan persentase 6,67 %. Perolehan nilai 91-95 berjumlah 1 orang dengan
persentase 3,33 %. Sedangkan perolehan nilai 96-100 berjumlah 1 orang dengan
persentase 3,33 %.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti bersama guru mitra menyepakati
bahwa pembelajaran IPS terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe
investigasi kelompok telah mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Hasil belajar siswa dan model pembelajaran investigas kelompok.
iii
Download berkas